Great Bali Experience Dorong Kunjungan Wisatawan ke Pulau Dewata

  • -

Great Bali Experience Dorong Kunjungan Wisatawan ke Pulau Dewata

Jakarta, Beritasatu.com – Inisiator Great Bali Experience (GBX) 2019 sekaligus Komisaris Hotel Indonesia Natour, Michael Umbas menjelaskan, GBX merupakan sebuah kampanye bersama para pemangku kepentingan industri pariwisata dan industri ritel untuk mempromosikan pariwisata Bali di periode musim sepi.

Michael mengungkapkan, berbagai paket perjalanan dengan harga diskon 30-50% ditawarkan, yakni hotel dan maskapai penerbangan serta ritel melalui mal dan tempat perbelanjaan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

GBX resmi diluncurkan di Puri Santrian Sanur, Bali, Sabtu (28/09/2019). GBX yang digagas Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Bali Tourism Board (BTB) akan berlangsung pada 1 Oktober-15 Desember 2019.

Michael menyatakan, pihaknya melihat ada berbagai gebrakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster untuk melakukan revitalisasi dan reformulasi konsep pariwisata di Bali secara menyeluruh.

“Contohnya adalah pengurangan sampah plastik dan kebijakan green tourism lainnya. Program GBX jadi bagian awal dari grand design pariwisata Pemprov Bali,” kata Michael dalam keterangan seperti diterima Beritasatu.com di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Michael menambahkan, pihaknya berharap GBX dapat mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata. “Saat ini lebih dari 100 hotel-hotel besar yang ada di Bali ikut dalam kampanye GBX. Kami yakin jumlah ini terus bertambah, karena kami tidak membatasi,” kata Michael.

Menurut Michael, di Bali tercatat ada 145.000 lebih kamar hotel dengan tingkat okupansi atau tingkat hunian rata-rata 60%. Artinya, ada 40% kamar yang harus diisi pada low season. GBX diharapkan dapat meningkatan rata-rata hunian atau okupansi kamar hotel di kisaran 10% hingga 15%.

Peluncuran GBX dilakukan langsung oleh Gubernur Bali dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Direktur Utama PT Garuda Indonesia IGN Ari Askhara, Dirops Lion Air Capt I Putu Wijaya, kepala perwakilan BI Bali Trisno Nugroho, perwakilan Bank BNI, para tokoh pariwisata serta sejumlah asosiasi hotel dan ritel.

Source : Suara Pembaruan