MASATA Menyelenggarakan Webinar Nasional Pariwisata Terbesar Melibatkan para Guru dengan Judul “Peran Guru dalam Membantu Mengembangkan Potensi Pariwisata Daerah Masing-masing”

  • -

MASATA Menyelenggarakan Webinar Nasional Pariwisata Terbesar Melibatkan para Guru dengan Judul “Peran Guru dalam Membantu Mengembangkan Potensi Pariwisata Daerah Masing-masing”

Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi Widodo mengatakan bahwa sektor pariwisata diproyeksikan akan menjadi “core economy” dan penyumbang devisa terbesar di Indonesia untuk lima tahun ke depan. Presiden  menegaskan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor utama untuk membentuk karakter bangsa yang dinamis dan lebih baik kedepan khususnya dalam bidang Pariwisata, terlebih pada Ratas beberapa hari lalu industry ini merupakan yang memerlukan pehatian lebih.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dikesempatan lain juga juga menyatakan upaya maksimal pemerintah akan dilaksanakan atas arahan Presiden untuk menciptakan lapangan kerja sekaligus SDM pariwisata yang kompeten di bidangnya serta memiliki standar global agar dapat bersaing khususnya setelah masa Pandemi.

 

MASATA (Masyarakat Sadar Wisata) sebagai organisasi non-profit beranggotakan pelaku, pemerhati dan pecinta Pariwisata berkelanjutan yang memiliki visi untuk memajukan dunia pariwisata Indonesia, mendukung dan merespon dengan cepat program pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut. Apalagi Saat ini kepengurusan MASATA sudah hadir di 50 Kabupaten Kota dan rencananya tersebar di 185 lokasi seluruh Indonesia.

 

Selain itu MASATA dalam dalam misinya yaitu Memberikan kontribusi nyata untuk mendukung sektor pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia, kedua Memajukan pariwisata berbasis masyarakat dalam meningkatkan harkat, martabat, dan ekonomi khususnya daerah tujuan wisata di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Misi ketiga adalah Membangun desa, kawasan, dan destinasi wisata dalam peningkatan ekonomi kreatif masyarakat, keempat  Sebagai narahubung dalam kepentingan kementerian dan lembaga antar pusat dan daerah khususnya dalam bidang pariwisata serta ekonomi kreatif dan misi terakhir Membangun sinergi dan kolaborasi antar asosiasi/ organisasi/ perkumpulan pariwisata di tingkat pusat dan daerah.

 

Terkait dengan pendidikan MASATA yang juga sebagai penggerak aplikasi berbasis akademi online bernama ITEL ( Baca Aitel) Indonesia E-Tourism Learning memelihat potentsi penting dimana saat ini jumlah Guru mencapai 3.000.000 di seluruh Indonesia yang adalah sebuah potensi untuk menjadi penggerak siswa & masyarakat untuk membesarkan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. Menyadari hal ini, MASATA berinisiatif mengadakan sebuah Webinar nasional terbesar untuk guru yang bertopik “Peran Guru dalam Membantu Mengembangkan Potensi Pariwisata Daerah Masing-masing di Era New Normal”.

 

Webinar ini rencananya dilaksanakan pada Rabu, 12 Agustus 2020 dimana peserta dapat mendaftar di Webinar.Pendidikan.id, ditargetkan hampir 30.000 peserta akan hadir yang adalah gabungan dari Guru seluruh Indonesia dan Industri, pelaku, pemerhati dan pecinta Pariwisata yang akan disiarkan langsung dikanal YouTube.

 

Acara ini akan dibuka langsung oleh  bapak  Wishnutama Kusubandio Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan Nara sumber dari Kemenparekraf  adalah Bapak Frans Teguh sebagai Plt Deputi Kelembagaan dan Sumber Daya , kemudian bapak Jufri Rahman Plt Deputi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara. Mewakili daerah unggulan pariwisata Pak Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati  Wakil gubernur Bali dan  Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi

 

Bapak Panca R Sarungu, Ketua Umum MASATA yang juga akan menjadi pembicara dari prespektif masyarakat dan industry menyatakan “Para Guru adalah salah satu Garda terdepan dan sangat penting untuk mengedukasi Pentingnya Pariwisata ini dari sejak awal” Panca menambahkan “Topik yang di pilih  bertujuan untuk menunjukkan kepada para guru, bahwa selain guru adalah “Pahlawan Pendidikan”, mereka juga bisa menjadi “Pahlawan Pariwisata” untuk daerah masing-masing:

 

Bapak Ginting  Satyana pendiri Pendidikan.id menyambut baik kolaborasi bersama MASATA “ Indonesia sangat kaya akan potensi pariwisata dan budaya yang beragam, unik dan menarik. Melalui peran guru sebagai motivator dan penggerak para siswa dan masyarakat, diharapkan semua bisa memanfaatkan potensi daerah masing-masing untuk menjadi daerah pariwisata yang potensial agar didatangi oleh turis yang akan mendatangkan devisa dan lapangan kerja sesuai dengan program yang dicanangkan pemerintah”

 

Untuk Informasi Hubungi

Rikki Rundupadang
dppmasata@gmail.com

+62 853-1616-4144