Bappenas Dorong Percepatan Pembangunan Wisata di Bali Utara

  • -

Bappenas Dorong Percepatan Pembangunan Wisata di Bali Utara

Jakarta –

Pemerintah RI melalui Bappenas akan mendorong pariwisata di Bali Utara. Ini dilakukan melihat potensi alam di sana dan mencegah overtourism di Bali Selatan.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan rencana tersebut pada Online Talkshow #BaliBangkit pada Selasa (3/8/2020). Sembari meninjau kesiapan Bali membuka kembali pariwisata, Suharso juga menyampaikan rencana pembangunan kawasan wisata di Bali Utara.

“Bappenas sendiri mendorong percepatan agar destinasi di Bali Utara itu bisa dipercepat. Misalnya bandara, bahkan kereta api. Kemudian juga kita tahu di sana kaya akan ikan, industri perikanan ada di sana, universitas juga ada, dan kemudian pertanian, peternakan ada di sana,” Suharso menjelaskan.

Menurut Suharso, Bali Utara memiliki kekuatan pada sumber daya alamnya. Sehingga hal tersebut akan ditonjolkan sembari juga tak memungkiri adanya rekayasa manusia juga dalam pengelolaan pariwisata tersebut.

Selama ini, pariwisata Bali memang lebih banyak berpusat di kawasan selatan seperti Denpasar dan Ubud. Sementara kawasan Bali Utara yakni Kabupaten Buleleng dengan ibu kota Singaraja masih jarang dikunjungi wisatawan.

Guna menunjang pariwisata di Bali Utara, pemerintah telah membangun Pelabuhan Celukan Bawang pada 2017. Kemudian pada 2018 juga sudah diwacanakan mengenai pembangunan bandara yang terletak di Kubutambahan, Buleleng.

Salah satu destinasi wisata hits di Bali Utara adalah Pantai Lovina. Pantai yang terletak sekitar 11 kilometer dari Singaraja itu sungguh istimewa. Sebab di sana wisatawan dapat melihat lumba-lumba langsung di habitatnya.

Kemudian ada pula wisata Air Panas Banjar yang menyajikan sensasi mandi dengan air panas langsung dari sumbernya. Air panas di sini mengandung belerang yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan.

Selain itu, Bali Utara juga punya spot foto hits yang tak kalah dengan kawasan Ubud. Namanya adalah Puncak Wanagiri yang menyuguhkan ayunan sampai sangkar burung untuk berfoto yang instagrammable.

Sumber : https://travel.detik.com/