
Kemenparekraf Yakin Pariwisata Akan Jadi Sektor Utama Penggerak Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi
Category : Berita Masata , Berita Pariwisata
Direktorat Pemasaran Pariwisata Regional I, Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan DPP Masyarakat Sadar Wisata (MASATA), melaksanakan FGD dengan tema Strategi Reaktivasi Pariwisata Nusantara.
FGD yang dilakukan di Hotel Bukit Randu, Kamis, 8 Oktober 2020 itu dilaksanakan seiring dengan keyakinan sektor pariwisata akan menjadi sektor utama penggerak meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasca-pandemi Covid-19, meningkatkan kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, dan mengatasi pengangguran.
Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dihadiri oleh seluruh stakeholders pariwisata, dan pengurus MASATA dari Sumatera serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube.
Direktur Pemasaran Pariwisata Regional 1 Kemenparekraf Vinsesnius Jemadu, yang menjadi keynote speaker secara daring pada FGD ini mengungkapkan, potensi pariwisata domestik sebanyak 260 Juta, tahun lalu sebelum pandemi terus dicoba untuk dipertahankan karena pariwisata adalah salah satu safety net ekonomi Indonesia.
Seiring dengan itu Kemenparekraf membuat program InDOnesia CARE (IDOCARE) untuk melakukan protokol kesehatan dan kampanye wisata #DiIndonesiaAja, bekerjasama dengan assosiasi dan stakeholder terkait termasuk pemerintah daerah.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Edarwan, sebagai tuan rumah sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf/Baparekraf bersama MASATA.
Pada kesempatan ini Edarwan memaparkan tentang potensi pariwisata di Lampung dengan 3 zonasi, yaitu Zona I Teluk Lampung, Selat Suekrnda, dan sekitarnya. Zona II Pesisir, Pantai Barat, TN BBS dan sekitarnya. Kemudian zona III TN Way Kambas dan sekitarnya.
“Lampung memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa dan ke depan ini akan terus kami kembangkan dengan berkolaborasi dengan berbagai stakeholders terkait, agar perekonomian masyarakat dapat semakin meningkat,” kata Edarwan, Kamis.
Ketua Umum MASATA Panca R Sarungu, menyampaikan, di masa pandemi Covid-19, stakeholders kegiatan pariwisata harus saling mendukung agar industri pariwisata semakin tangguh melewati tantangan.
Kata kuncinya saat ini adalah kolaborasi, masa pandemi ini memberikan kesempatan untuk duduk bersama dan memanfaatkan kekuatan wisata nusantara khususnya dalam mendukung kampanye Kemenparekraf #DiIndonesiaAja.
“Misalnya wisata dalam pulau yang sama atau antar pulau yang berdekatan seperti Jakarta ke Lampung atau Bandung ke Palembang,” kata Panca.
Panca menambahkan, hikmah pandemi Covid-19 adalah para pihak yang terlibat dalam keseluruhan kegiatan pariwisata semakin menyadari betapa pentingnya keterpaduan antarsektor, antar-aktor, dan antardaerah, serta keterpaduan antara pusat dan daerah dalam wujud sinergitas dan kolaborasi dalam mempersiapkan Indonesia menuju destinasi pariwisata International berwawasan pariwisata berkelanjutam atau sustainable tourism.
Executive Vice President Business Service Telkom Indonesia Syaifudin yang juga juga hadir secara daring menyampaikan paparan terkait strategi digitalisasi dalam membantu pemulihan sektor pariwisata daerah.
Sebagai perusahaan plat merah, Telkom Indonesia akan terus meningkatkan layanan khususnya pariwisata.
Utamanya melalui pemanfaatan data insights sebagai dasar analisis market yang bisa dimanfaatkan untuk perencanaan, data driven marketing plan, pembuatan strategi promosi, serta monitoring dan evaluasi hasil promosi yang dapat membantu membuat kebijakan pariwisata di destinasi.
Sekertaris Jendral DPP MASATA Andi Azwan menyampaikan dipilihnya Lampung sebagai lokasi dikarenakan adalah Jantung di Sumatera dari hasil dari pembangunan infrastruktur penggerak pariwisata Nusantara.
Ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan lebih dari 2.000 km jalan tol tersambung dari Lampung hingga Aceh pada akhir 2024.
Rencananya jika seluruh target tercapai, membangun lebih dari 3.000 km jalan tol dalam 10 tahun memerintah atau sekitar 300 km setiap tahunnya, tidak saja mendukung pergerakan barang namun juga orang berwisata
Dia menyadari, kepariwisataan akan berubah pasca-pandemi Covid-19. MASATA menjadi perkumpulan yang berperan strategis dalam upaya menopang kebangkitan pariwisata Indonesia di tengah perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
Terhadap kepariwisataan yang memelihara kelestarian alam, lingkungan, dan sumberdaya, MASATA juga meyakini, kepariwisataan akan memajukan kebudayaan, mengangkat citra, memupuk cinta tanah air, memperkukuh jati diri, dan mempererat kebangsaan.
Sumber : https://lampung.tribunnews.com/