
Tak Sekadar Destinasi Tapi Kualitas Produk Wisata
Category : Berita Pariwisata
Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf, Rizky Handayani mengingatkan tren aktivitas pariwisata nasional tak lagi sekadar mengandalkan destinasi tapi lebih kepada pariwisata berkualitas (quality tourism).
“Quality tourism, jumlah (kunjungan) tak lagi penting, tapi kualitas produknya seperti experience yang dirasakan wisatawan,” tandasnya pada saat peluncuran “West Java Calendar Event and Festival 2020” di Bandung, Rabu (22/1).
Dengan pendekatan seperti itu, dia menilai akan ada impak yang lebih positif di antaranya spending pelancong yang lebih besar selama berwisata di Indonesia. Selain itu, langkah itu juga memudahkan untuk menangani ragam karakteristik wisatawan dari generasi baby boomer hingga milenial.
“Karena itu tak menutup kemungkinan untuk membuka jasa penitipan anak, baby sitter sementara orang tuanya berarung jeram, menikmati suasana pantai, dan juga kemunculan wisatawan tiga generasi dari mulai ayah, anak, hingga cucunya, ini tantangan bagi destinasi dalam menghandlenya terutama kualitas produknya,” jelasnya.
Pihaknya pun berharap provinsi, kabupaten, dan kota bisa merespon dinamika tersebut dengan baik. Kementerian sendiri siap memberikan pendampingan terutama dalam memperkenalkan produk yang ditawarkan.
“Kita akan membangun khusus website untuk memperkenalkan event termasuk daerah, karenanya siapkan teaser yang 30 detik, kualifikasi eventnya diharapkan berkelas internasional atau nasional” katanya.
Sumber : https://www.suaramerdeka.com/