
Tarik Wisatawan, Kemenparekraf Kembangkan Pariwisata Digital
Category : Berita Pariwisata , Kementerian
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( kemenparekraf ) akan terus mengembangkan pariwisata digital ( digital tourism ) untuk menarik wisatawan, termasuk mancanegara, berlibur ke Indonesia.
” Untuk pengembangan pasar, akan dilakukan pengembangan digital tourism dalam menarik wisman dengan cara menyesuaikan minat dan profil target wisatawan dengan produk dan destinasi yang di pasarkan,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.
Angela menuturkan efektivitas promosi juga akan di masing – masing negara tujuan dengan mengadakan Familirization trip para influenser media sosial.
Selanjutnya, kerja sama di mungkinkan dengan flatfrom – flatfrom traveler online yang sudah memiliki pangsa pasar besar.
Diputi Pengembangan Pemasaran I Kemenkarekraf Rizky Handayani menjelaskan strategi digital tourism dengan menggunakan big data dilakukan untuk melihat karakter wisatawan berdasarkan kriteria pencariannya tentang pariwisata Indonesia.
” Dari big data, kita bisa tahu berapa orang yang beli tiket ke Indonesia, apakah individual atau corporate. belinya dimana travel agent atau online, itu bisa dilihat,” Katanya.
Oleh karna itu, menurut kiki, sapaan akrabnya, penting bagi pemerintah untuk berkerja sama perusahaan – perusahaan perjalanan online karna dapat merumuskan kebijakan atas analisa dengan data yang diperoleh. Termasuk menggiatkan promosi Parawisata di negara tujuan dengan minat wisatawan potensial.
” Perusahaan online itu kan mereka mencatat datanya, misalnya berapa banyak orang Amerika yang mencari Indonesia di Google, berapa banyak yang mencari pantai di Indonesia dan lainnya. itu yang kita akan manfaatkan,big data itu, tuturnya.
Sumber : https://www.antaranews.com/