Wisatawan Lokal Diprioritaskan Hidupkan Destinasi Wisata

  • -

Wisatawan Lokal Diprioritaskan Hidupkan Destinasi Wisata

Sektor pariwisata di Lampung harus terus dioptimalkan agar tetap hidup dan diharapkan pada masa transisi era new normal atau tatanan hidup baru bisa bangkit dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Wisatawan tingkat lokal menjadi prioritas yang mampu menghidupkan destinasi wisata.

 

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, mengatakan saat ini sebagian  pariwisata di Lampung sudah mulai dibuka dan beberapa masih ditutup karena masih dalam masa transisi. Nunik mengatakan saat ini pemerintah masih memperhitungkan beberapa hal terkait pariwisata di Lampung, misalnya penerapan protokol kesehatan.

“Saat ini dalam masa transisi. Selain mendorong masyarakat agar sektor pariwisata dapat kembali normal, kami juga menyiapkan protokol kesehatan,” katanya, Senin, 29 Juni 2020.

Dia menambahkan kesehatan dan keselamatan masyarakat harus diperhatikan. Oleh sebab itu, pendampingan penuh akan dilakukan bagi wisatawan bila sektor pariwisata kembali dibuka sepenuhnya.

“Kesehatan masyarakat juga harus diperhatikan. Kita baru saja menuju normal baru jadi semua harus terus berhati-hati jangan lengah protokol kesehatan penting diterapkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung, Edarwan, mengatakan standard operating procedure (SOP) kesehatan harus dijalankan. Pihaknya juga melakukan monitoring dan edukasi terkait pariwisata.

“Paling tidak wisatawan lokal saja dulu yang jadi sasaran yang kita akomodasi. Kalau wisatawan luar kan agak susah karena kalau ia mau masuk ke Lampung banyak prosedur yang dipakai dan butuh waktu,” katanya.

Dia mengatakan yang menjadi tantangan adalah menghidupkan kembali destinasi wisata yang ada. Pengelola wisata juga harus kreatif bila ingin terus eksis. Apabila tempat pariwisata tidak membuat terobosan, bisa saja akan ditinggalkan wisatawan dan tergerus perubahan.

Sumber : https://www.lampost.co/