Pasir Timbul Sulawesi Yang Cantiknya Mirip Lukisan

  • -

Pasir Timbul Sulawesi Yang Cantiknya Mirip Lukisan

detikTravel Community – Pasir timbul atau gusung pasir kerap jadi destinasi bagi wisatawan pecinta vitamin sea. Kalau main ke Sulwesi ada pasir timbul Tallu yang cantik kaya lukisan.

Kepulauan Balabalakang terletak di Selat Makassar. Terdiri dari belasan Pulau dan Pasir timbul yang sangat banyak. Kepulauan Balabalakang dapat diakses melalui pesisir Kalimantan Timur dan Pesisir Sulawesi Barat.

Akses terdekat menuju Kepulauan Balabalakang adalah dari Pesisir Kabupaten paser yang beribukota Tana Grogot. Dimulai dari Tana Grogot dengan menggunakan transportasi darat menuju dermaga pelabuhan desa lori atau Tanjung Aru.

Dari Lori menuju Gusung Tallu kepulauan Balabalakang hanya memerlukan waktu 3-4 jam tergantung kapal dan cuaca. dari Tanjung Aru, kapal bisa lebih cepat sampai ke Gusung Tallu.

Perjalanan dari Gusung Tallu ke Pulau Durian memerlukan waktu kurang dari 1 jam. Sedangkan dari Gusung Tallu menuju Pulau Salissingan hanya memerlukan waktu 1-1,5 jam. Jadi, penanda pintu masuk kepulauan Balabalakang adalah Gusung Tallu.

Tallu artinya tiga dari bahasa suku mandar yang cukup mirip dengan bahasa suku bugis. Gusung atau pasir timbul yang berderet tiga dan saling berdekatan.

Saat pasang naik Gusung ini hanya terlihat cukup kecil bahkan bisa tenggelam, namun saat pasang surut, maka ketiga gusung akan terlihat sangat luas dan dikelilingi hamparan terumbu karang.

Jangan lewatkan untuk bermain di Gusung Tallu karena gusung ini memiliki pemandangan yang indah, pasirnya lembut dan spot memancing yang bagus.

Selanjutnya Pulau Durian. pulau ini hanya terdiri dari 3-4 rumah nelayan dan tugu layar biru buatan pemerintah sulawesi barat. pulau ini dijadikan tempat persinggahan nelayan.

Untuk mendarat di Pulau Durian cukup sulit karena di kelilingi laut yang sangat dangkal dan tidak memiliki dermaga kapal. Kapal-kapal berukuran sedang dapat mencapai pantai saat pasang naik saja.

Dari Pulau Durian, terlihat Pulau Salissingan. perjalanan yang ditempuh dari pulau Durian menuju Pulau Salissingan kurang dari 1 jam. Pulau Salissingan adalah Pulau yang cukup besar dengan perkampungan nelayan yang luas.

Di Pulau Salissingan terdapat spot-spot tertentu untuk mendapatkan sinyal telpon dari provider tertentu dan juga memiliki fasilitas internet desa yang menggunakan sistem voucher. Dari Pulau Salissingan kita bisa melihat banyak Pulau-pulau yang berdekatan satu sama lain seperti Pulau Durian, Kamariyang besar, kamariyang kecil, Pulau Samataha dan Pulau Saboyang.

Pulau Salissingan adalah sentra pengolahan teripang dan surga ikan segar hasil tangkapan nelayan. Bagi Kapal yang berukuran sedang hingga besar, mendarat di nPulau Salissingan sangat sulit dan hanya bisa saat pasang naik jika kapalnya tidak ingin kandas di laut dangkal dekat bibir pantai Pulau Salissingan

 

Sumber : https://travel.detik.com/